Saturday, January 11, 2014

Cinta Dibalik Persahabatan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Dulu sempat baca atau dengar kalau "persahabatan antara lawan jenis -laki-laki dan perempuan ga ada yang murni atau pure atas dasar persahabatan, melainkan karena diantara keduanya terbubuh 'rasa' yang menjadikan persahabatn itu terus bertahan."



Menurut aku kalimat tadi ada benernya. Seorang laki-laki dan perempuan yang bersahabat otomatis akan banyak menghabiskan waktu untuk berbagi kisah bersama, menggila bersama, berpetualng bersama, dan melakukan hal lain bersama. Dari banyaknya kegiatan yang mereka lakukan bersama,  mereka sudah pasti saling mengenal dan memahami masing-masing karakter pribadi sahabatnya. Mulai dari hal apa yang sahabatnya suka atau tidak suka, keadaan keluarga, sampai pada kehidupan pribadi. Rasa nyaman yang sahabat beri bukan hal yang tidak mungkin bila akhirnya berubah menjadi rasa ingin memiliki. Begitulah cinta. Sederhana. Sesederhana lidah menapik rasa dibalik kata per-sa-ha-bat-an.

Seperti pada persahabatan Keenan da Kugy dalam Perahu Kertas dan Nata dan Niki dalam Refrain. Dari kisah mereka kita lihat bagaimana Kugy dan Keenan yang saling menjaga perasaan yang terpendam walapaupun keduanya terpisahkan oleh jarak dan saling memiliki orang terkasih. Ketahuilah, Tuhan adalah sutradara Maha Oke. Ketika Keenan dan Kugy dipertemukan kembali, rasa yang sempat terpendam hadir menyelimuti keduanya. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa rasa sayang Keenan terhadap kekasihnya tidah lebih besar dari rasa sayangnya terhadap Kugy, begitu pula sebaliknya. Perasaan sayang Kugy terhadap Keenan lebih besar dari perasaan Kugy terhadap kekasihnya.

Tak hanya itu ketegaran Nata pun diuji ketika Niki -sahabatnya sejak kecil sudah memiliki kekasih. Nata yang diam-diam menyayangi Niki sejak masih kecil tidak memiliki keberanian untuk mengutarakan perasaannya pada Niki. Nata hanya berani menuliskan isi hatinya lewat surat yang Ia simpan di dalam amplop berwarna biru. Di malam prom night -acara perpisahan sekolah, Niki mendapat pengkhianatan dari kekasihnya. Dari situ Niki tersadar bahwa Nata lah orang yang sebenernya ia cintai. Nata yang selalu setia menemani Niki dimana pun dan apapun kondisinya. Nata yang selalu bisa menciptakan senyum di wajah Niki yang sedang murung. Namun sayang, ketika Niki ingin mengutarakan yang ada di benaknya, Nata sudah terbang untuk melanjutkan Study. Lima tahun kemudian Niki memutuskan menyusl Nata dan menyampaikan semua yang ia pendam selama ini. Tak dapat dipungkiri, Niki lah wanita satu-satunya yang berhasil memenangkan hati Nata. Rasa itu tetap ada walaupun tahun terus berganti.

Cinta dan persahabatan merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Bila dalam Hukum Newton III berbunyi "Dimana ada aksi disitu ada reaksi" begitu pula "Dimana ada cinta disitu ada persahabtan -dimana ada persahabatan disitu ada cinta-."

Oleh karena itu tidak heran bila seringkali muncul kalimat "Jadikan pasanganmu layaknya sahabatmu" atau "Cintai kekasihmu seperti kamu mencintai sahabatmu"


Tanpa adanya cinta, persahabatan seakan hambar. Dan tanpa adanya persahabatan, cinta tak akan bertahan lama. 
(Mariani Yuni Susilo Wenti)



Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



Mariani Yuni Susilo Wenti
@marianiyuniSW






1 comment:

  1. Nice Post! Pas banget >< hehehe. Jadi, friendzone itu akan indah pada waktunya, Insya Allah :')

    ReplyDelete