Wednesday, December 11, 2013

Untukmu, yang Teristimewa

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Nopember, bulan yang begitu banyak menorehkan cerita. Cerita tentang aku, kamu, dan kita *kita-nya jangan di-kepo-in*. Teristimewa untuk teman-teman 'baru' aku di bangku kuliah. Agak sangsi memang menyebut teman baru, karena walaupun perkenalan kami terbilang baru seumur jangung, namun chemistry yang terbangun terlihat sebaliknya, seperti sudah saling mengenal bertahun-tahun.

Sedikit cerita, aku seorang mahasiswi jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam As-Syafiiyah. Aku memilih kelas Program Perkuliahan Karyawan (P2K) dimana jadwal perkuliahannya pada Jumat sampai Minggu. Ketika aku mendaftar, ada keraguan menyelimuti perasaanku. Yang terbayang dipikiranku, kelas aku nanti akan diisi oleh mereka yang sudah cukup dewasa. Dan aku harus beradaptasi menyesuaikan pergaulan dengan mereka yang sudah memiliki banyak asam garam.

Tapi semua kekhawatiran dan keraguanku selama ini sirna, ketika kali pertama aku dipertemukan dengan teman-teman baruku di acara peresmian mahasiswa baru tepatnya pada 21 September 2013.Setelah selesai acara apel kami dikumpulakan per-jurusan. Kami pun saling berkenalan, dan ternyata aku dan mereka satu masa pergaulan. Kelas P2K Matematika terdiri dari 11 orang, dimana 8 orang perempuan dan 3 orang laki-laki. Walaupun jumlah wanita lebih dominan tapi jumlah golongan minoritas juga ga mau kalah hebohnya. Kami saling melengkapi.

FST Matematika P2K UIA: Bagus, Awul, Iis, Nova, Fika, Adi, Risma, Lilik, Ani, Sutris, Restie

Tidak terasa Nopember sudah berlalu bebreapa waktu lalu. Gelak tawa dan tangis yang tak dapat dibendung akan menjadi cerita. Cerita yang akan kubagikan pada anak cucuku kelak tentang arti persahabatan dan kebersamaan. 

Beberapa kenangan yang berhasil diabadikan bersama teman Matematika P2K 2013 dan teman Fak. Sains dan Teknologi dibulan Nopember ini  >>>>


1. LDKM 

Acara LDKM ini dilaksanakan oleh Fakultas di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat pada tanggal 31 Oktober 2013 s.d 3 Nopember 2013. Tetapi untuk yang sudah bekerja, dianjurkan untuk menghadiri pada 2 Nopember s.d 3 Nopember 2013. Sebelum menuju lokasi, kami berkumpul dahulu di BEM Fak. Saintek. Setelah Dzuhur kami menuju lokasi dengan transportasi darat, sebut saja metro mini.



Setelah sampai di lokasi, kami dibagi menjadi beberapa kelompok (gabungan antar kelas dan antar jurusan). *Sebenernya kurang paham juga tujuan dari dibuat kelompok itu*. Setelah itu kami disuruh untuk mengganti pakain dengan kaos berwarna biru dan celana olahraga. Dan kami juga harus memastikan kalau sepatu yang dipakai terikat benar-benar kuat dan celana yang dikenakan jangan sampai kedodoran bila ditarik. Untuk itu disediakan tali rafia untuk membantu mengencangkan, baik sepatu maupun celana. Untuk menuju area outbound, sebagai pemanasan kami lari mengitari lapangan. *Iya emang cuma sekali puteran tapi berhasil buat napas gue terengap-engap dan mengubah bibir gue jadi biru.*

Setelah tiba di lokasi outbound, ada hutan di sebelah kanan dan empang di sebelah kiri. Terbesit pikiran kalau outbound yang dimaksud mungkin mandi dalam lumpur. Dan ternyata dugaanku benar. Satu persatu dari kami mulai turun. Rasanya injakan pertama di lumpur tuh WAW banget. Iya untuk melangkah dari satu langkah ke langkah selanjutnya berat banget. Maka dari itu kami saling begandengan tangan dengan teman di depan dan belakang. Dan kebetulan depan aku seorang laki laki dari kelas malam T.Mesin, jadi dia bisa bantu tarik aku. *yang ini asli bukan modus. Yang modus tuh yang bantuin buka tali sepatu gue yang diiket kenceng banget sama si abang*

Dan dibeberapa titik kami diharuskan menyebut kalimat FST JAYA di dalam air. Kebayang kan rasanya nyelup dikubangan air yang ada lumpur dan lumutnya. Emang jujur outboundnya kalau dilihat agak menjijikan tapi seru. Pengalaman langka. Mungkin hanya sekali seumur hidup bisa ngerasain mandi lumpur.

Setelah outbound acara selanjutnya ishoma. Kemudian dilanjutkan pemberian materi-materi hingga sekitar pukul 21:30 WIB dari abang-abang alumni yang telah berhasil menggenggam kesuksesannya. *ada yang jadi caleg lhooo*

Sekitar tengah malam, kami dibangunkan dari tidur lelap dengan cara yang bisa dibilang agak-kurang-wajar. Menggeber motor-motor yang ada di lokasi di depan tenda persis sambil membunyikan sirene. Setelah semua terbangun kami dikumpulkan dan "diuji ke-solidaritas-an" dengan cara yang berbeda, bukan menjawab soal tapi dengan aksi nyata.


Setelah panitian puas menguji kami, kami dibawa ke suatu tempat dengan keadaan mata tertutup hingga muhasabah selesai. Seselesainya muhasabah, penutup mata pun dilepas. Dan ketika penutup mata dilepas, kami ditunjukkan dengan pemandangan api unggun yang menggelora cukup besar. Dengan dinyalakannya api unggun berarti bahwa kami mahasiswa/i FST 2013 telah resmi menjadi bagian keluarga besar FST. Dan acara pun dinyatakan resmi telah selesai.

Setelah subuh tiba, karena sudah tidak ada kegiatan, aku dan beberapa temanku memilih untuk berburu udara segar di sekitar lokasi bumi perkemahan Cibubur. Sedikit bocoran, kelasku memang terkenal narsis, selalu menyempatkan waktu untuk mengabadikan momen di setiap kesempatan.




Sebelum pulang, para peserta LDKM angkatan 2013 menyempatkan foto bersama abang dan kakak sebagai bentuk kebersamaan dan keakraban antara senoir dan junior.




2. Ulang Tahun As-Syafiyah ke-80

Tak lama setelah acara LDKM, yayasa tercinta kami memperingati hari jadinya ke-80 dengan mengadakan jalan santai dari Monas sampai bundaran Hotel Indonesia (HI). Acara tersebut berlangsung pada tanggal 17 Nopember 2013 lalu. Dihadiri lebih dari seribu undangan. Ada berbagai rangkaina acara yang diadakan disana, seperti sambutan dari Menteri Agama RI Bapak Suryadharma Ali, penampilan kesenian islam oleh adik-adik panti yatim putri, door prize, dan masih banyak lagi.



Ada sedikit cerita, sebelum berangkat menuju lokasi, kami berkumpul dahulu di Universitas Islam Assyafiiyah, dan berangkat bersama dengan menggunakan bis. Karena menunggu temanku yang belum selesai mengganti pakain, alhasil kami hampir saja telat masuk bis. Singkatnya kami masuk bis langsung berangkat. Dan ketika sampai di bis ternyata semua kursinya sudah berpenghuni. Singkat cerita, aku memberanikan diri meminta jatah kursi Kak Jo, Rifa'i dan Tubagus untuk diberikan ke aku dan teman perempuanku. Kebetulan aku sudah cukup kenal dengan mereka. *haha maaf yaaaa*

Ketika acara jalan santai selesai, kami memutuskan untuk kembali. Saat kami mulai meninggalkan area monas, tiba-tiba ada yang yang menyapa dari belakang "anak matematika ya?" tanyanya pada kami disertai tawa meledek. Sontak, kami langsung menoleh ke arah sumber suara, dan ternyata anak informatika yang tak lain adalah kak Jo, Riva'i dan Tubagus yang menyapa. heuuuuu dasar. Akhirnya, kami pulang barsama mereka eh salah mereka pulang bersama kami.

Berhubung aku kurang tau arah dari Monas menuju kampus, kami sempat salah jalur saat menaiki bis transjakarta. Yang harusnya kami menunggu bis di sebelah kiri halte, namun kami malah menunggu di sebelah kanan. Dan setelah kami disadarkan salah arah, kami memutuskan untuk transit dan menuju jalur sebenarnya. Namun sayang, karena ramainya halte transit temanku terpisah dari aku. Aku berada di belakang 3 jagoan dan seorang srikandi anak Informatika dan temanku yang lain berada di belakangku. Mungkin mereka tidak dapat menjangkau aku karena keterbatasan tinggi badanku. Pada akhirnya aku kembali ke kampus bersama anak-anak Informatika dalam keadaan selamat, utuh, lengkap, tidak ada goresan haha.


3. Tanggal Lahir Nova dan Adi

Di bulan Nopember juga, 2 dari teman sekelas seperjuangan aku memperingati tanggal kelahirannya. Nova lahir pada 23 Nopember dan Adi pada 24 Nopember. Aku dan beberapa teman yang lain meyusun strategi untuk memberikan kejutan kepada mereka. Rencana dadakan namun cukup berhasil membuat Nova sampai menangis haru dan Adi cemas ketakutan *HA-HA-HA*




Pokoknya November bener-bener bulan penuh cerita. Dari tawa sampai tangis hingga tawa lagi melebur jadi satu. Kenangannya ga akan terlupakan. Kalian Istimewa. Bila tua nanti kita tlah hidup masing-masing, ingatlah hari ini *Pasang backsound lagunya Project Pop - Ingatlah Hari ini*


Wassalamu'alaikum Wr. Wb


Mariani Yuni Susilo Wenti
@marianiyuniSW


No comments:

Post a Comment